Serunya Berpuasa di Negeri Gajah Putih – Thailand

Dinas sambil liburan, tapi jatohnya lebih tepatnya liburan sambil dinas kantor saat bulan Puasa itu sejujurnya rada malesin sih buat karyawan macem saya ini. Tapi kalau dinas sambil puasa nya di Thailand, bagaimana ? Wah ini , awalnya yang males-malesan jadi semangat. Pertama semangat bisa jalan-jalan, semangat belanja terus semangat penasaran mau merasakan beribadah puasa di Negeri Gajah Putih tsb.

Welcome to Bangkok, macetnya sama aja kayak di Jakarta

Welcome to Bangkok, macetnya sama aja kayak di Jakarta

Thailand sendiri merupakan negara dengan penduduk mayoritas beragam Budha, akan tetapi Islam sendiri merupakan agama mayoritas kedua terbesar setelah Budha di sana. Jadi pasti tidak terlalu sulit untuk menjalankan ibadah puasa di Thailand. Sudah beberapa kali saya berkunjung ke Thailand terutama di kota Bangkok. Untuk mencari makanan halal tidak terlalu sulit. Nah yang saya rasakan sekarang adalah sulit mencari makanan sahur di pagi buta, plus mesti halal pula makanannya. Ngeri pingsan hahahaha.

DSC07670_1

 

Berhubung mesti mencari makanan sahur di pagi buta dan di sekitar Bangkok untuk tempat makan tidak banyak yang 24 hours paling hanya fastfood seperti McD, Seven Eleven atau Burger King, mau tidak mau mengandalkan service room atau restoran di hotel. Hotel di Bangkok banyak sekali, dari yang murah sampai yang kelas bintang juga ada. Permasalahannya adalah apakah semua hotel tsb mampu mengakomodasi kita para muslim yang sedang berpuasa? Jadilah seminggu sebelum berangkat kirim email hampir 50 hotel di Bangkok mencari-cari hotel mana yang mampu mengakomodasi saya. Syaratnya gak muluk-muluk, cari yang punya menu halal di menu restoran hotelnya, cari yang bisa menyediakan makanan untuk sahur di pagi buta. Hasilnya bagaimana? Banyak hotel yang belum bisa menyajikan menu halal dan makanan untuk sahur, bahkan hotel-hotel berbintang pun juga ada yang tidak bisa. Tapi gak usah khawatir, ada beberapa hotel yang mampu memenuhi syarat tsb kok. Lokasi nya pun tidak jauh-jauh, masih dalam area strategis di pusat Bangkok. Berikut list hotel-hotel di Bangkok yang menyajikan menu halal di restorannya dan bisa menyajikan menu sahur juga :

  1. Novotel Hotel Siam Square (Breakfast box untuk sahur)
  2. Holiday Inn Bangkok (Breakfast box untuk sahur)
  3. Nouvo City Hotel (Owner nya muslim, menyediakan paket diskon kamar plus buffet buka puasa dan sahur, lokasi dekat dengan Khaosan Road)
  4. Centara Watergate Bangkok Hotel (Breakfast box untuk sahur, lokasi seberang Platinum Mall)
  5. Centre Point Pratunam (Breakfast box tapi kena extra charge sekitar 490 THB/ person)
  6. Grand Diamond Suite Hotel ( Breakfast box, lokasi sebelahan dengan Platinum Mall dan Pantip Plaza, memiliki Halal Restaurant)
  7. Ambassador Hotel Bangkok (Sahur buffet)
  8. Grand Millennium Sukhumvit Bangkok
  9. Grace Hotel
  10. Regent Ramkhamhaeng Inn & Apartments
  11. Resort Bangphlat
  12. Ramada Plaza Menam Riverside Hotel
  13. Chaleena Hotel
  14. Chaopaya Park Hotel
  15. Khurana Inn

Masih banyak sepertinya hotel yang bisa menyediakan makanan halal untuk sahur ataupun berbuka, kebetulan 15 hotel ini yang sudah berhasil konfirm ke saya bisa untuk menyediakan makanan halal untuk sahur dan buka puasa. Dan saya pun memilih menginap di Grand Diamond Suite Hotel, alasannya karena lokasi strategis di jantung Pratunam alias kanan kiri mall, hotelnya punya restoran halal (sudah disertifikat halal lho) jadi kalau males jalan buka puasa di luar jadi bisa langsung turun ke restonya saja.

Untuk perkembangan industri halal sendiri di Thailand sudah cukup berkembang, sekarang sudah banyak industri makanan dan minuman di Thailand yang sudah disertifikasi halal sehingga produknya sudah bisa memiliki logo halal di kemasannya dan aman untuk dikonsumsi untuk umat muslim. Jadi kalau mau cemil-cemil snack atau minuman kemasan di Thailand bisa cek-cek dulu yah, sudah ada logo halalnya apa belum.

Logo Halal di Thailand yang dikeluarkan oleh The Central Islamic Committee of Thailand (CICOT). Lembaga ini juga sudah diakui oleh LPPOM MUI

Logo Halal di Thailand yang dikeluarkan oleh The Central Islamic Committee of Thailand (CICOT). Lembaga ini juga sudah diakui oleh LPPOM MUI

Salah satu godaan terberat kalau berpuasa di Thailand, banyak banget food hawker di pinggir jalaaaaaaaan, isinya jajanan-jajanan khas Thailand yang enak-enak pula. Cuma bisa ngelus dada sama perbanyak istighfar  aja sih kalo siang bolong di sana. Terus banyak yang nanyain juga, itu pada halal gak sih? aduh ngiler tapi kok ragu yah buat makannya. Nah memang tidak mudah sih mencari jajanan khas Thailand yang benar-benar halal di sana karena tidak semua di papan harga atau nama gerobaknya yang mencantumkan logo halal. Tipsnya bisa bertanya dahulu makanan ini terbuat dari apa, apakah menggunakan minyak babi dsb ya kalau mau lebih aman cari yang penjualnya muslim atau digerobaknya ada keterangan halal nya.

Salah satu penjual makanan halal dan ada logo halal di gerobaknya

Salah satu penjual makanan halal dan ada logo halal di gerobaknya

Biasanya cara termudah untuk menemukan makanan halal saat berkunjung ke negara lain adalah mencari resto India (karena banyak menu vegan) dan resto Makanan Timur Tengah. Berhubung saya orangnya gak suka banget sama makanan India or timur tengah (maklum lidahnya indonesia banget, gak suka bumbu terlalu strong) jadi sudah dipastikan harus banget cari makanan halal selain makanan India or Timur Tengah. Untuk resto India dan Timur Tengah sendiri banyak bertebaran di Bangkok dan tentunya sebagian besar sudah halal, bisa jadi alternatif untuk tempat berbuka puasa bagi yang suka dengan menu makanan ini.

Salah satu restoran Halal di Bangkok dengan menu masakan Melayu

Salah satu restoran Halal di Bangkok dengan menu masakan Melayu

Untuk yang mau lebih bisa merasakan suasana ngabuburit berburu Ta’jil saat bulan puasa bisa datang ke kawasan Petchaburi Soi 7. Di lokasi ini juga terdapat Masjid Darul Aman yang setiap menjelang buka puasa selalu ada ta’jil gratis di dalam masjidnya. Sekitaran masjid pun sama seperti di Indonesia banyak yang menjual makanan-makanan ta’jil khas Thailand, restoran halal pun banyak. Wah lega deh buat jajan dan berbuka puasa dengan menu yang halal. Terasa sekali suasana puasa di kawasan ini. Banyak sekali warga muslim yang sedang berburu jajanan atau makanan untuk berbuka, lihat cowo-cowo asli Thailand pake peci ples baju kokoh rasanya gimanaa gitu yah, sejuk dimata (ups!). Ternyata kawasan ini memang terkenal dengan pemukiman warga muslim, ohya untuk mencari sahur juga bisa dikawasan ini karena beberapa rumah makan ada yang buka saat sahur.

Masjid di Thailand pun saya bilang cukup banyak, hampir disetiap wilayah ada satu masjid. Untuk lokasi masjid bisa sangat mudah sekali dicari dengan Gmaps, dengan search kata ‘Mosque’ di peta kawasan Bangkok or sekitarnya, maka akan langsung ketemu titik-titik lokasinya. Satu hal yang saya suka berpuasa di Thailand ini, bisa mendengarkan adzan 5x dalam sehari. Tingkat toleransi yang sangat tinggi di negara ini, sedangkan di negara lain yang mayoritasnya non-muslim belum tentu kita bisa mendengar suara adzan berkumandang.

Masjid Darul Aman, salah satu masjid yang berada di pusat kota Bangkok

Masjid Darul Aman, salah satu masjid yang berada di pusat kota Bangkok

Note :

1. Untuk info lengkap Grand Diamond Suite Hotel bisa klik di http://www.granddiamondsuites.com/

2. link list masjid di Bangkok bisa dilihat di http://my.bangkoklibrary.com/2012/01/28/directory-of-all-mosques-in-bangkok/

Iklan

11 responses to “Serunya Berpuasa di Negeri Gajah Putih – Thailand

  1. Seru juga ya suasana puasa di Thailand. Meski Thailand bukan negeri muslim, tapi kelihatannya puasa disana bisa khidmat juga. Hmm jadi ingin merasakan suasana ramadhan disana….

  2. Heiii mprito…

    Salam kenal. Saya membaca semua bloger nya namun saya agak susah untuk mencari informasi anda untuk bertanya2.

    • Hai..
      Naik BTS (semacam MRT di bangkok) turun di station Ratchadevi nanti cari exit arah Phetchaburi Rd, ini tempatnya di sebelah kanan jalan tinggal jalan kaki gak jauh dari BTS nya . Nanti ada gang ada nama jalannya keliatan kok, kalau sore sudah pasti mentereng karena banyak yg jualan ta’jil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s