Wisata Seru Nusa Lembongan – Bali

Pulau Bali memang tidak pernah habis pesona pariwisatanya jadi jangan bilang sudah bosen atau mainstream karena belum semua daerah Bali saya kunjungi dan nikmati keindahannya. Masih dalam rangkaian perjalanan #10DaysJourney lalu, kali ini saya akan membahas pulau yang terpisah di sebelah tenggara Bali yaitu Nusa Lembongan. Dulu pas tahu tentang pulau ini, hanya sekedar tahu untuk menuju ke sana pakai paket kapal cruise gitu yaaa sudah tahulah pasti harga per orangnya bisa hampir satu jutaan. Ternyata tidak, wisata murah meriah bisa kok ke sana dan banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di pulau ini selain duduk manis di atas kapal cruise.

Atas : Fast boat dari Sanur sampai ke Nusa Lembongan, Bawah : Kapal Cruise dengan paket trip lengkap

Atas : Fast boat dari Sanur sampai ke Nusa Lembongan, Bawah : Kapal Cruise yang menawarkan paket wisata komplit di dalamnya.

Cara menuju ke Nusa Lembongan dengan menaiki fast boat dari Pantai Sanur. Banyak operator yang menawarkan harga untuk menyebrang ke sana. Harga dipatok antara Rp 60.000 – Rp 150.000 (tergantung operator). Jam menyebrang antara dari jam 09.00 – 16.00 WITA (setiap operator punya jadwal beda-beda) dan hanya membutuhkan waktu 30 menit. Mau lebih murah pakai public boat hanya Rp 35.000 yang berangkat hanya di pagi hari dengan waktu tempuh 1,5 jam. Contact Fast Boat CB : 085792589890 (Sima) atau 0361-7479666. Email : info@cbfastcruises.com atau reservation@cbfastcruises.com

Santorini ala-ala Bali

Santorini ala-ala Bali

Tujuan utama turis datang ke pulau ini paling banyak untuk diving, snorkling dan surfing. Yup, pulau ini lengkap menyediakan semuanya dari ombak tinggi yang menggulung-gulung sampai underwater yang penuh dengan karang dan gerombolan ikan plus dua ikon utama di pulau ini yang bisa membuat turis-turis asing berbondong-bondong datang ke pulau ini – Manta dan ikan Mola-Mola (Sunfish). Tidak hanya keindahan lautnya yang menarik, di pulaunya pun banyak bisa menemukan tempat-tempat yang ciamik pula. Mengelilingi pulau Nusa Lembongan tidaklah membutuhkan waktu berhari-hari, cukup mengelilinginya dengan motor satu hari pun semua tempat ini bisa kalian kunjungi kok. Nah, berikut tempat-tempat menarik yang wajib kalian coba pas berkunjung ke pulau Nusa Lembongan.

Paraaaaadissseeeeee on earth!!

Paraaaaadissseeeeee on earth!!

1. Bukit Panorama Nusa Lembongan

Kontur pulau ini tidak flat seperti pulau kebanyakan, berbukit-bukit dan banyak tebing mengelilingi pulau ini. Begitu kapal yang mengantar dari Sanur bersandar di Pelabuhan Jungut Batu, lokasi ini sangat mudah dicapai. Keluar pelabuhan ambil ke arah kanan/ timur dan langsung menuju jalan menanjak. Patokan lokasi ini adalah ada satu cafe di jalan menanjak ini dan di depannya terdapat bangku-bangku yang disediakan untuk orang menikmati panorama view pulau ini. Dari sini kalian bisa melihat pulau Nusa Lembongan dari atas, terlihat juga siluet Gunung Agung dan pulau Bali dari kejauhan. Lokasi ini sangat bagus buat yang ingin mengambil momen sunset.

Cafe diatas bukit panorama, tempat yang enak buat duduk-duduk santai menikmati pemandangan

Cafe diatas bukit panorama, tempat yang enak buat duduk-duduk santai menikmati pemandangan

Ciptaan Tuhan yang indah ini bisa dinikmati di atas bukit panorama ini

Ciptaan Tuhan yang indah ini bisa dinikmati di atas bukit panorama ini

2. Dream Beach

Berlanjut jalan dari bukit panorama mengikuti jalan besar, naik dan turun tanjakan. Untuk mencapai lokasi-lokasi pantai di sini susah-susah gampang karena sangat sedikit sekali papan arah tentang lokasi ini. Jangan malu bertanya ke penduduk lokal, mereka sangat ramah sekali jika ditanyai soal arah pantai. Untuk memasuki pantai ini harus melewati gang-gang kecil hingga bertemu dengan padang hijau. Ternyata pantai terletak di bawah tebing, jadi begitu sampai kita harus menuruni tangga menuju pantai ini. Ada akses khusus sebenarnya menuju pantai ini yakni melewati resort yang mengelilingi pantai ini. Ombak biru tinggi menggulung-gulung dari kejauhan menyambut para peselancar di sini. Mungkin dinamakan Dream Beach karena bisa saja ini pantai impian para surfers, lokasi yang sangat bagus untuk surfing.

Hello Surfers! Welcome to Dream Beach

Hello Surfers! Welcome to Dream Beach

Sensasi ombang yang menggulung-gulung pas untuk berselancar

Sensasi ombak yang menggulung-gulung pas untuk berselancar

3. Devil’s Tear

Dengar namanya saja sangat aneh, tidak kebayang bentuk lokasi ini berbentuk pantai atau apa awalnya. Lokasinya tidak jauh dari Dream Beach, ikuti jalan-jalan setapak mengelilingi pinggiran tebing. Motor bisa melewati jalur di hamparan padang hijau ini, sudah ada jalur trek yang dibuat untuk motor. Lagi-lagi bingung kemana arahnya, nanya sana sini sama pemuda-pemuda lokal dan akhirnya tiba. Sempat bingung sebenarnya karena begitu sampai langsung dipinggir tebing dan tidak ada apa-apa. Ternyata harus berjalan menyusuri tebing ini, harus ekstra hati-hati melewati jalur ini. Begitu sampai, pemandangan super langsung menyambut. Terdapat gundukan laguna-laguna berlapis seperti terasering sawah jika ombak datang air menghantam laguna, air di laguna akan tumpah seperti air terjun berlapis.

Deretan tebing yang mengelilingi spot ini

Deretan tebing yang mengelilingi spot ini

Ada lagi yang lebih bikin terharu pemandangandi sini. Terdapat celah diantara pinggir tebing dan laguna, jika ombak datang maka pelangi akan mucul ditengah-tengah lubang gua ini. Fenomena alam yang sangat indah dan jarang sekali bisa melihat ini. Mungkin ini yang membuat lokasi ini dinamakan Devil’s Tear.

1408873612290

Fenomena pelangi di Devil’s Tear

4. Sunset Beach

Masih menyusuri pinggir tebing dari lokasi Devil’s Tear tidak jauh dari sana terdapat pantai yang menurut orang-orang di sana memiliki pemandangan sunset yang indah. Lagi-lagi pantai ini dikelilingi oleh resort jadi harus cari jalan masuk yang bukan dari resortnya. Agak memutar keluar kembali ke jalan umum dan lagi-lagi jangan ragu untuk bertanya kalau nyasar. Ternyata ada jalan khusus bagi pengunjung yang mau masuk ke pantai ini tanpa harus masuk dari resortnya.

Pantai Sunset Point

Sunset Beach

Suasana menjelang sunset di Sunset Beach

Suasana menjelang sunset di Sunset Beach

Yak karena saat ini hari masih sore dan belum terlihat tanda-tanda sunset, saya memutuskan menuju tebing sunset point tidak jauh dari lokasi tersebut. Terdapat cafe berlantai dua dan sebuah hotel kecil di ujung tebing ini. Diantara kedua tempat tersebut terdapat padang ilalang, background yang bagus untuk foto narsis tentunya…hehehehe. Saya tidak lama menikmati sunset di sini karena harus cepat kembali jika tidak mau terjebak di jalanan yang gelap karena di daerah sini belum semua jalanan dilengkapi dengan penerangan jalan.

Nusa Lembongan5. Mushroom Beach

Di sini lah pusat kehidupan malam di Nusa Lembongan berada, banyak cafe-cafe dan bar di sepanjang jalan menuju pantai ini. Karena berkunjung di sore hari maka kehidupan pun masih sepi, akan berbeda jika malam hari, pengunjungnya pun masih sedikit jika sore hari, Bersantai di pinggir pantai ini, main pasir dan main air sangat pas dilakukan sambil menunggu waktu malam hari tiba sambil minum-minum cantik pastinya.

Cafe dan resto yang mengelilingi Mushroom Beach

Salah satu cafe yang mengelilingi Mushroom Beach

Suasana sore di Pantai Mushroom

Suasana sore di Pantai Mushroom

6. Wisata Mangrove

Di Nusa Lembongan ini dikelilingi oleh hutan mangrove, yang tidak hanya fungsi sebagai pelindung dari abrasi pantai dan peredam gelombang besar ternyata lokasi ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata juga. Cobalah untuk ambil paket untuk mengelilingi hutan mangrove dengan kapal. Lokasinya jika dari Pelabuhan Jungut Batu adalah ambil arah ke barat ikuti saja jalannya hingga ujung pulau ini. Sejalan dengan arah mangrove ini, saya melewati desa lokal pembudidaya rumput laut. Yak memang mata pencaharian sebagian besar penduduk lokal masih sebagai pembudidaya rumput laut. Rumah-rumah gubuk mewarnai pinggir pantai arah ke hutan magrove, sesekali melihat ibu-ibu yang sedang memanen rumput lautnya. Pemandangan yang sangat jauh berbeda dengan bagian timur pulau ini yang penuh kemewahan.

Rumah-rumah penduduk lokal pembudidaya rumput laut

Rumah-rumah penduduk lokal pembudidaya rumput laut

nusa lembongan Banyak tempat yang menawarkan tur mangrove ini karena banyak sekali pintu masuk menuju lokasi ini. Saya pun bertemu dengan seorang bapak tua petani rumput laut yang sangat baik hati menawarkan perahunya untuk tur mangrove ini. Jika harga turis bisa dipatok sebesar Rp 150.000/orangnya untuk sekali tur mangrove tapi saya hanya diberi harga Rp 50.000/ orangnya. Tidak lama durasi untuk mengelilingi hutan mangrove ini hanya sekitar 1 jam sudah kembali lagi. Di sini akan merasakan rimbanya hutan mangrove yang begitu tenang dan hijau. Pohon-pohon mangrove di sini pun sudah diberi tagging nama jenis spesies di setiap pohonnya, jadi sambil berwisata ada unsur edukasinya juga.

Tur wisata mengelilingi hutan mangrove di Nusa Lembongan

Tur wisata mengelilingi hutan mangrove di Nusa Lembongan

Ada satu tempat yang belum saya coba datengin, sebenarnya ini jadi targer kedua saya selain diving untuk datang ke Nusa Lembongan, yaitu mencoba Cliff Jumping di Blue Lagoon, Nusa Ceningan (sebelah pulau Nusa Lembongan persis letaknya). Apa daya karena keterbatasan waktu dan banyaknya aktivitas yang harus dilakukan saat itu jadinya ini akan masuk target list berikutnya. Gak afdol ke Nusa Lembongan kalau belum cobain sensasi terjun dari atas tebing. Wanna try ?

Cliff Jumping di Blue Lagoon. Harus bisa coba next time!!!

Cliff Jumping di Blue Lagoon. Harus bisa coba next time!!! (Sumber : pinterest.com)

Iklan

19 responses to “Wisata Seru Nusa Lembongan – Bali

  1. Waaah baru tau ada penyebrangan yang murah kalau mau ke Nusa Lembongan, kirain mahal-mahal hehehe 🙂
    Fotonya keren-keren, jadi tertarik mau ke Nusa Lembongan 🙂

    Kunjungi balik ya hehehe 🙂 papabackpacker.wordpress.com
    Terimakasih 🙂

  2. rencana mei tahun ini aku ke lembongan,, kasih tau info donk tentang hotel murah, snorkling sama diving disana kisaran berapa? Budget Backpack nih 😀

  3. sekali sekali pengen ke lembongan,, rencana agustus depan smga jd, hahaha di bantu untuk mencari penginapan murh disana

  4. Hi,keren foto2nya. Rencananya ksana bulan November,kira2 kalau pagi brangkat dari Sanur trus sorenya balik bisa gk ya kalau cuma snorkling di Lembongan & cliff jumping di Ceningan? atau mesti nunggu keesokan harinya?

    • Hi, thank you yaah
      bisa kok one day trip, kapal balik itu paling sore sekitar jam 4 sore sampai setengah 5 sore. Ini tergantung jadwal operator kapalnya yah krn beda-beda, nanti di Sanur cek-cek aja dulu ke semua operator mana yg jdwlnya paling enak

  5. Ping-balik: Drift Diving Di Nusa Penida – Bali | TO TRAVEL IS TO LIVE·

  6. Mba minta info aku kan rencana Dr Lombok mau kebali lalu ke nusa lembongan . klw Dr Bali ke nusa lembongan brrti lebih dekat Dr sanur yah klw Dr kuta bisa gak

  7. wuaahh Mba… ❤ bagus bgt foto2nya, terutama yg di bukit panorama, mba mau nanya dunk, klu misal ke nusa lembongan cuma 1 hari aja PP, untuk pergi ke semua tempat diatas itu bisa dgn jalan kaki gak yah? soalnya saya dan teman2 cewek semua dan gak bisa naik motor T_T
    Mohon infonya yah Mba, terimakasih sangaatttt Mba 🙂

    • Hiihihi terima kasih banyaak, waah agak susah yah kalau jalan kaki, walaupun pulaunya gak besar banget tapi jalan menuju ke objek wisatanya ini naik turun bukit gitu. Jadi kalau jalan kaki takutnya gempor banget, agak lumayan jauh soalnya jaraknya.

  8. hai kalo misalnya nyari tempat gtu km nanya2 atau pake gps?
    rencana aku pgn kesana one day tour gtu cuma tktnya kalo gatau jalannya malah jd ga asik hehe mohon info yah

    • Kebetulan aku nanya-nanya sama orang sana buat jalannya, sebelumnya aku ngobrol dulu sama yg punya motor nanya ada apa aja di sini yg gampang dijangkau pakai motor. Gampang kok di sana gak bakal kesasar, pulaunya gak gede bgd soalnya kecuali Nusa Penida yah, ini agak besar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s