Si Kuping Gajah di Spot Diving Ibel Orange

Spot Ibel Orange bisa dikatakan spot unik yang terdapat di area Taman Nasional Takabonerate. Terletak di sekitar perairan Tinabo besar. Uniknya apa karena terumbu karang di spot ini membentuk gundukan-gundukan seperti bukit atau yang biasa disebut dengan pinnacle. Kondisi umum spot ini memiliki kedalaman 15-25 m, dengan tutupan karang di dominasi oleh softcoral dan hardcoral.

Tips untuk menyelam di sini kita harus bisa membaca perubahan pasang surut karena akan mempengaruhi arus dan tingkat visibilitasnya. Tapi sayang ketika saya menyelam di spot ini terjadi perubahan arus di dalamnya, yang awalnya tidak ada arus sampai saya harus melawan arus di dalamnya. Tingkat visibilitas pun berkurang dan cenderung keruh dikarenakan substrat dasar dari spot ini adalah pasir. Jika kita menyelam di saat yang pas, spot ini sangat bagus sekali dan menjadi spot favorit para penyelam.

1400542979421

Kondisi pasang surut sangat mempengaruhi tingkat visibilitas di Ibel Orange

Warna warni di Ibel Orange. Sayang lagi keruh jadi tidak semua warna warni karang di sini bisa terlihat

Warna warni di Ibel Orange. Sayang lagi keruh jadi tidak semua warna warni karang di sini bisa terlihat

Sensasi lain yang dirasakan jika menyelam di spot ini adalah menyelam di antara hamparan elephant ear sponge (Ianthella basta) atau biasa disebut dengan kuping gajah. Jumlahnya tidak sedikit hampir rata menutupi bukit-bukit di spot Ibel Orange ini. Kuping gajah ini merupakan salah satu jenis sponge dari kelas Demospongiae. Nama lain selain kuping gajah biasa dikenal juga sebagai paper sponge atau scroll sponge.  Jenis sponge ini banyak ditemukan di daerah yang memiliki aliran arus yang cepat dengan kontur dasar perairan berbentuk slope atau karang tepi.

Si Kuping Gajah

Si Kuping Gajah

SI Kuping Gajah

Sponge Kuping Gajah ini sangat unik karena memiliki tubuh yang sangat fleksibel dan lembek. Selain itu bisa tumbuh sangat besar sekali hingga 2 meter. Nah, jika menyelam di spot Ibel Orange ini akan banyak ditemukan kuping gajah dengan ukuran yang beragam dari yang kecil sampai yang besar dan lebar juga ada. Sebenarnya sponge kuping gajah ini memiliki warna yang beragam dari warna kuning, hijau, orange hingga warna ungu tapi di spot Ibel Orange ini semua kuping gajahnya berwana kuning dan hijau.

Sensasi menyelam di antara hamparan kuping gajah

Sensasi menyelam di antara hamparan kuping gajah

Secara umum sponge memiliki peranan penting bagi ekosistem perairan dan rantai makanan laut.  Sifatnya yang filter feeder, mereka mampu mendaur ulang nutrisi bagi organisme lain untuk digunakan dan berfungsi sebagai sumber makanan bagi beberapa biota lain.

1400498672416

Keanekaragaman biota di Ibel Orange tidak hanya kuping gajah saja, di spot ini banyak juga di temukan Sea Fan berbagai ukuran dan berbagai jenis. Untuk ikan nya sendiri cukup banyak schooling seperti jenis ikan fusiliers, butterflyfish, cardinal fish, parrot fish, trigger fish, surgeon fish, wrasse dan banyak juga ditemukan ikan si bibir sexy alias sweetlips, grouper hingga snapper.

Kipas laut berbagai ukuran ramai sekali di spot ini

Kipas laut berbagai ukuran ramai sekali di spot ini

Beberapa softcoral dan lili laut banyak juga dijumpai di spot Ibel Orange ini

Beberapa softcoral dan lili laut banyak juga dijumpai di spot Ibel Orange ini

 

Iklan

One response to “Si Kuping Gajah di Spot Diving Ibel Orange

  1. Ping-balik: ‘Magic Wall’ Di Kepulauan Selayar | TO TRAVEL IS TO LIVE·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s