Spot Diving ‘Hantu Ceria’ di TN Takabonerate

Jauh-jauh datang ke Takabonerate gak afdol banget kalau gak diving. Karena apa, karena taman nasional ini memiliki banyak sekali spot diving yang wajib banget buat di coba. Spot pertama yang saya coba adalah spot ‘Hantu Ceria’. Spot diving ini terletak di perairan Pulau Tarupa Kecil. Untuk menuju ke spot ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Pulau Tinabo dengan kapal. Gak ngerti kenapa di kasih nama lokal seperti ini. Mungkin di dalam air kita bisa lebih ceria karena melihat pemandangannya.

Penyelaman pertama edisi Dive Trip Takabonerate dilakukan di spot ini. Saat kapal kami datang ke spot ini, gelombang permukaan agak tinggi sehingga teman-teman saya yang sudah entry dan menunggu di atas permukaan sempat terseret arus permukaan. Tips untuk menyelam di sini begitu entry langsung negative entry. Lebih baik menunggu di bawah permukaan karena kalau di atas akan terseret arus dan membuat badan lelah untuk kicking terus.

image

Kontur permukaan spot ini berbentuk dinding wall dengan kemiringan antara 70-80 derajat. Arus hanya terdapat di kedalaman dangkal sekitar 1-5 meter. Tapi begitu sampai di kedalaman 10 meter begitu tenang tidak ada arus sama sekali.

Hati-hati menyelam di sini,penyelam harus bisa mengatur kedalaman biar gak kebablasan terlalu dalam. Visibility di spot ini mencapai 15m bahkan lebih, jadi terkadang penyelam tidak sadar kalau sudah terlalu dalam saking jernihnya. Saya pun menyelam di kedalaman antara 20-30 m.

image

Di wall karang spot ini banyak banget bisa ditemuin Sea Fan berbagai warna, sponge dengan ukuran yang besar dan banyak jenis soft coral yang menyelimuti dinding karang spot ini. Untuk karang jenis hardcoral seperti Acropora banyak ditemukan di pinggir perbatasan wall permukaan dangkal dengan yang dalam.

image

Untuk ikan sendiri, begitu masuk ke spot ini akan langsung di sambut puluhan schooling ikan Triggerfishes (Balistidae) spesies Odonus niger. Ikan-ikan Butterflyfish (Chaetodontidae) banyak juga di spot ini seperti spesies Chaetodon lunulatus, Chaetodon baronessa, Chaetodon rafflesi, si mulut panjang Forcipiger longirostris, dan Pyramid Butterflyfish (Hemitaurichthys polylepis). Jika bermain di kedalaman yang lebih dangkal 3-10 meter, ikan banyak sekali schooling di sana seperti ikan dari family Labridae (Wrasses), Scaridae (Parrotfish), Siganidae (Rabbitfish), Moorish Idol dan Acanthuridae (Surgeonfish).

Selain ikan dan karangnya yang beragam, di spot ini banyak di temukan juga teripang, lili laut, kima, dan bintang laut. Sempat kesel sendiri pas nyelam di spot bagus ini karena kamera saya error jadinya hanya bisa menikmatinya saja.

image

Iklan

One response to “Spot Diving ‘Hantu Ceria’ di TN Takabonerate

  1. Ping-balik: ‘Magic Wall’ Di Kepulauan Selayar | TO TRAVEL IS TO LIVE·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s