Pulau Tinabo, Si Kecil Yang Menawan

Si Pulau kecil ini bernama Pulau Tinabo, hanya memiliki panjang sekitar 1,5 km dengan lebar 500 m. Walaupun kecil tapi tidak dengan keindahan yang ditawarkannya, begitu indah dan lengkap semuanya bisa didapatkan di sini. Pulau Tinabo ini salah satu pulau yang berpenghuni dan memiliki fasilitas resort di dalamnya yang bernama Tinabo Dive Resort.  Total ada 8 pulau yang berpenghuni di kawasan TN Takabonerate antara lain Pulau Tinabo, Rajuni Besar, Rajuni Kecil, Tarupa Besar, Latondu Besar, Jinato, Pasitallu Tengah dan Pasitallu Timur. Alhamdulillah saya di beri kesempatan untuk mengunjungi 3 pulau dari 8 pulau tersebut.

Welcome To Tinabo Islands

Welcome To Tinabo Islands

Bersama geng power ranger. Yes akhirnya bisa ke sini juga

Bersama geng power ranger. Yes akhirnya bisa ke sini juga

1400743422583

Di Pulau Tinabo ini memilki fasilitas yang lengkap, mungkin karena sudah dikelola sebagai resort yah. Untuk penginapan resortnya tersedia 1 rumah kayu yang di dalamnya terdapat 3 kamar (2 kamar twin bed, 1 kamar double bed), fan dan 2  kamar mandi. Berhubung kami ber 16 gak muat donk yah satu rumah itu jadi sebagian ada yang ditempatkan di penginapan biasa di belakang kamar resort ini. Di sini ada beberapa gazebo kecil buat duduk-duduk santai atau kalau mau tidur di situ juga dan disediakan juga fasilitas untuk penyewaan tenda atau kalau mau bawa sendiri juga bisa. Harga penginapan resortnya sendiri sekitar Rp 200.000/malam. Masalah makan jangan khawatir, bisa langsung memesan ke pihak resortnya. Menu makanannya sehat soalnya ikan terus, so say goodbye for meat and chicken.

Bentuk penginapan di Tinabo Resort, hanya satu di pulau ini

Bentuk penginapan di Tinabo Resort, hanya satu di pulau ini

 

Pos penjaga dari Balai Taman Nasional Takabonerate

Pos penjaga dari Balai Taman Nasional Takabonerate

Dermaga penyambung rindu ala Pulau Tinabo

Dermaga penyambung rindu ala Pulau Tinabo

Saya akuin untuk pulau yang letaknya sangat terpencil seperti ini memiliki fasilitas untuk aktivitas airnya sangat terkelola sekali. Di sini disediakan 2 kano buat yang mau ber-kano ria, dan terdapat dive center yang alatnya buat saya sudah lengkap. Karena saya datang untuk diving kebutuhan alat seperti tabung, belt, weight, BCD, Regulator, wetsuit hingga senter selam. Ya walaupun jumlahnya belum banyak tapi sudah bisa memfasilitasi pengunjung yang mau diving di sini. Biaya untuk diving di sini tergolong standar Rp 300.000/ log sudah termasuk alat.

Gak hanya fasilitasnya saja yang sudah bagus, tapi Pulau Tinabo ini indahnya pake banget deh. Cuma di Pulau Tinabo yang di pantainya ada baby shark nya berenang dengan bebasnya tanpa harus di kurung. Setiap pagi dan sore hari petugas akan memberikan makan berupa potongan ikan segar, nah atraksi memberi makan ini yang sangat seru. Makanya baby shark di sini sudah terbiasa dengan manusia dan cenderung jinak.

Baby sharks langsung di depan pantai

Baby sharks langsung di depan pantai

Fish therapy sama bayi hiu, ada yang mau coba?

Fish therapy sama bayi hiu, ada yang mau coba?

Bisa langsung ngerasain atraksi kasih makan bayi hiu. (Model : Geng power ranger)

Bisa langsung ngerasain atraksi kasih makan bayi hiu. (Model : Geng power ranger)

Menjelajahi pulau ini gak akan bosen, di pagi hari akan disuguhi golden sunrise, di sore hari disuguhi sunset yang indah banget gradasi warnanya dan di malam harinya buat pecinta fotografi tempat ini salah satu tempat yang bagus untuk buat milky way. Bintangnya berhamburan banyak sekali di langit. Jika berjalan ke arah belakang pulau ini akan menemukan rumah untuk penetasan telur penyu. Itung-itung olahraga menyusuri pulau ini dari ujung ke ujung patut dicoba.

Golden sunrise dari Pulau Tinabo

Golden sunrise dari Pulau Tinabo

Pemandangan di pantai belakang Pulau Tinabo

Pemandangan di pantai belakang Pulau Tinabo

Rumah penetasan telur penyu di Pulau Tinabo

Rumah penetasan telur penyu di Pulau Tinabo

Panorama view before sunset

Panorama view before sunset

Sunsetnya, pecaaaah bangeet!!!!

Sunsetnya, pecaaaah bangeet!!!!

Untuk urusan underwater jangan di ragukan lagi untuk si pulau kecil ini. Di depang langsung dermaga pulau ini langsung terdapat spot snorkling dan diving. Tak jauh dari dermaga ini terdapat spot diving yang bernama “Acropora Point”. Sesuai dengan namanya di spot ini banyak sekali jenis karang Acroporanya. Jenis kontur secara umum di  area Takabonerate adalah berbentuk wall dengan derajat kemiringan yang beragam di setiap spotnya dari yang landai hingga berdiri tegak juga ada. Di depan dermaga Pulau Tinabo ini sangat cocok untuk yang mau mencoba night dive.Lobster, pari, lionfish, pufferfish, anemon, sotong, eel moray,lili laut hingga cumi-cumi yang nyala dalam kegelapan bisa ditemukan di sini.

Di siang hari airnya sangat jernih, langsung pengen nyebur aja bawaannya

Di siang hari airnya sangat jernih, langsung pengen nyebur aja bawaannya

1400491455962

Foto keluarga geng dive trip Takabonerate

Foto keluarga geng dive trip Takabonerate

Notes :

–          Listrik di Pulau Tinabo hanya nyala dari jam 18.00-06.00

–          Disini sinyal telepon yang masuk hanya dari Telkomsel, buat sekedar sms/telpon bisa tapi jangan harap bisa internetan yah. Sinyal 3G nya belum masuk :))

–          Gak ada warung di sini, ini penting banget bawa cemilan yang banyak sebelum ke sini. Wajib buat yang doyan ngemil

 

Iklan

5 responses to “Pulau Tinabo, Si Kecil Yang Menawan

  1. Ping-balik: ‘Magic Wall’ Di Kepulauan Selayar | TO TRAVEL IS TO LIVE·

  2. haii. nice post niih, dan membantu sekaliii. hehe.
    aku berencana ke taka bonerate nov besok.
    nyimpen nomer telpon resort di tinabo nggak? pgn booking, biar nggak keburu penuh. hihi.
    also, klo cuma mau snorkling disana & bbrp pulau sekitar, ada kontak kapal nelayan yg bs disewa kah?
    much thanks in advance yaaa. =)

    • Hai ica,
      kebetulan aku dulu ikutan opentrip dari Travelmate Indonesia jadi tinggal beres deh di arrange sama mereka. Kalau mau mungkin bisa ikutan open trip or dibantu arrange sama mereka.
      No kontak Travelmate Indonesia 0818387231 (Malik). Dari penginapan di tinabo, sewa mobil sampai selayar, sewa kapal untuk keliling semua diaturin, yang kutahu mereka ini koordinasi juga ke orang taman nasioanalnya soalnya pas ngetrip orang taman nasionalnya ikutan.

  3. Hy senang membaca blog ny. Kalo boleh tau berapa total pengeluaran mulai dari pesawat mulai pergi sampai biaya selama di sana sampai mau pulang? Ak rencana mau ke sana tahun depan. Terima kasih sebelum ny

    • Hai Mba Rina
      untuk rincian biayanya pesawat PP JKT-MKS 1.4 jt, Opentrip diving takabonerate 2.5jt ditambah sewa alat dll 500rb totalnya jadi sekitar 4.4jt. Mungkin bisa lebih murah kalau mau ngeteng sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s